P...P...Punten, Puasa #9

Hello guys!


Assalamu’alaikum wr.wb

Gimana puasanya? Makin kuat kan? Harus makin kuat dong!

Ehehehe, karena aku sedang bahagia ehehe, jadi aku mau nulis sedikit panjang juga di blog ini. Selain di status whatsapp dan caption feed instagram ehehe.





Alhamdulillah, akhirnya penelitianku di laboratorium farmakologi selesai juga. Tanggal 2 Mei 2020 ini selain memperingati Hari Pendidikan Nasional dan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, hari ini juga aku terakhir ambil data gula darah tikus sebagai objek penelitianku.

Kenapa aku sangat bahagia?

Karena setelah berbulan-bulan, dari Februari 2020 dimana tikus pertama datang ke lab, penelitianku selesai juga. Dimana aku nangis karena tikusku perama kali mati padahal belum pernah diberi perlakuan apapun, kemudian trial dan error dosis aloksan dimana sudah beberapa kali uji coba dosis belum diabetes juga, sekali diabetes malah mati 2 hari kemudian. 

Penelitian tikus ini pun dua sampai tiga kali membuat aku tertekan parah, semua bayangan negatif muncul di kepalaku. Aku ngerasa sia-sia, ngerasa enggak berguna, ngerasa gagal banget. Uang sudah banyak keluar untuk penelitian ini, ganti uji perlakuan ke objek lain pun susah dan biayanya jauh lebih mahal, apalagi di tengah pandemi ini. Puncaknya 26 Maret 2020 kemarin, aku benar-benar terpuruk parah, takut sekali tidak bisa selesai. Menyesal tingkat dewa karena milih tikus sebagai objek penelitian padahal ada cara yang lebih mudah dan biayanya 11-12.

Beneran deh, bagi kalian yang penelitiannya ke tikus, pikir-pikir ulang, kaji lagi, baca banyak-banyak dan cari tips supaya perlakuan ke tikus itu lebih lancar. Jangan kayak aku, kajianku masih sedikit, bacaanku apalagi, aku cuma comot sana-sini, OKE, gampang kok perlakuan ke tikus, tinggal dibikin diabetes terus dikasih deh sampel penelitianku, terus gula darah turun, oke deh.

ENGGAK SAMA SEKALI KAWAN-KAWAN!

Benar-benar trial dan error kalau sudah berurusan dengan makhluk hidup bernyawa. Enggak cuma tikus ya, kelinci, ayam, dll, juga sama susahnya. Tumbuhan juga susah, enggak ada yang segampang teori deh kalau kalian sudah praktik di penelitian, bahkan bakteri yang teorinya semudah itu dibaca, oh tidak, teman-temanku juga trial dan error. Jatuh bangun kami penelitian.

Oh iya, kalau bisa untuk skripsi S-1 ambil yang mudah saja ya judul penelitiannya, dipikirkan matang-matang, untung-rugi dan waktunya. Masing-masing orang memang sudah punya target lulus sendiri ya, tapi jangan sampai kalian menyesal dan sedikit sakit pikiran karena skripsi ini. Bismillah skripsi itu mudah kok, asal dikerjakan dengan benar dan sabar.

Kata-kataku kontradiksi sekali ya ehehe.

Pokoknya kalau bisa ambil judul skripsi yang gampang, udah titik, begitu saja.

Tambahan curhat.

Salah satu nikmat yang cukup susah didapatkan itu nikmat mempunyai kawan yang bisa membantu dalam susah dan bahagia dalam senang.

Alhamdullah, meskpun aku bukan manusia yang lurus-lurus amat jalan hidupnya, tapi nikmat teman masih dikasih sama Allah SWT.

Terima kasih kepada teman-teman seperjuangan kuliahku, Nurul Ningtyas Indriani, Hilda Fitria, Rona Prima Larasati, Aulia Asyura Zamar, Yulinar Agustin, Nadha yang telah membantu aku dalam perjalanan penelitian ini. Jeongmal jeongmal gomawo chingudeul. I really love you guys!

And my most precious friend ever Ayu Candra Pratami yang menerima segala keluh kesahku, curahan hatiku pas lagi terpuruk parah, huhuhuhu, makasih ya Cepe mau menjadi pendengar yang amat baik! Talanghaeee!

And my beloved jambanssss, Alfi, Riam, Oji, dan Ayu Cepe lagi, luv uuuu~

Dan tentu saja mamakku, mamihku, yang juga memberiku saran cemerlang saat aku bingung bagaimana dengan dosis tikusku karena pada mati ehehehehe. My mom and my little sister who made me stay in this situation, yang bikin aku masih jalan terus walaupun berhenti sejenak. 

Tikus-tikusku yang sudah mati dan tertutup tanah, thank you so much!

Ini bukanlah akhir, namun awal dari penulisan naskah skripsiku, bismillah, semoga penelitian ini dapat bermanfaat pula bagi manusia lainnya.

YEAY!!!!!!!!!!

HEHEHEHEHEHE!

Wassalamu’alaikum WR.WB

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN GUYESSSSS!

Komentar