#P #Punten, Lebaran!

Assalamu'alaikum wr. wb

Halo!

I'm back!

Akhirnya sesi terakhir dari #P punten bulan Ramadhan.






Malam ini langit Yogyakarta khususnya daerah Sleman City cerah, untuk sekarang sih kembang api baru beberapa yang meledak di udara. Kumandang takbir hari raya idul fitri kali ini baru kudengar dari tiga masjid terdekat. Oh iya, untuk malam takbiran kali ini untuk pertama kalinya aku mendengar gema takbir di kota pelajar, Yogyakarta. Pada gambar yang aku masukkan di atas itu, lihat, ada kubah mas minimum Masjid Ulil Albab UII menyembul di sana. Terakhir aku tarawih di sana tahun 2018, tahun ini tak ada yang mengisi sama sekali di bangunan megah tersebut. Adzan pun tak berkumandang dari sana. Tak ada tarawih dan salat Eid di masjid yang sejuk itu tahun 2020 ini. (Sayang sekali kamera hp saya kentank jadi bintang-bintang tak nampak di gambar)

Untuk pertama kali sepenuhnya bulan Ramadhan di kota orang, sendirian, tidak bersama keluarga di rumah. Sebenarnya enggak sendu sih suasananya, kali ini diisi secara virtual, video call bersama adik dan ibuku, lalu dilanjut bersama kawan satu kampung, dan kembali sendiri lagi. Ha-ha-ha.

Kalau kembali ke lebaran tahun-tahun silam sebenarnya tidak ada yang berbeda, aku bahkan lebih banyak mengisi waktu di whatsapp atau line untuk mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada teman-teman atau kontak orang-orang yang sekadar aku kenal. Beberapa kali bahkan aku menghabiskan malam lebaran dengan tidur dan main hp ala kadarnya. Waw, memang tidak faedah ya.

Dalam satu bulan ini, rencana tidak berjalan semestinya sih, tapi Alhamdulillah bisa menyelesaikan penelitian dan tutup laboratorium di bulan suci ini (di tengah pandemi). Selain itu, rencana yang berhubungan dengan keagamaan, tidak semuanya bisa aku selesaikan, hehe.

Oh iya, rencana untuk mengirim naskah skripsi kepada dosen pembimbing  pun ternyata tidak selesai, ternyata bab III alias dasar teoriku banyak sekali, pusing kepalaku, baru satu jam duduk sudah mau muntah rasanya, sepertinya memang waktu yang tepat untuk mengirim naskah skripsi adalah habis lebaran kali aku baru selesai. hehehehehehehe. #alasanklasik



Ya sudah, segitu saja. Sekian.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H!

Happy Eid Mubarak!

Semoga semua keresahan-ketakutan-kehilangan dalam masalah pandemi covid-19 ini akan cepat selesai!

Wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar