Hello, Assalamua'alaikum wr.wb
Well, to remind what I did on 8-11th August 2023, so I decided to write it in here instead.
I never talk about my kindergarten teacher career here lol, i had a lot of drafts about this career i had since 2020 after I graduated as chemistry bachelor, but maybe it's for another time to talk about that.
Dengan judul Penyelarasan IKM Angkatan IV, aku dan perwakilan 9 kecamatan dari Kabupaten Tegal mengikuti Kegiatan Penyelarasan IKM bagi Komunitas Belajar PAUD dan Dikmas Angkatan IV. Kegiatan ini diikuti oleh 11 kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Tegal, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Jepara, Kabupaten Purbalingga, Kota Salatiga, Kota Surakarta.
Kabupaten Tegal ada 10 kecamatan yang mewakili yaitu Kecamatan Kramat, Bumijawa, Slawi, Warureja, Dukuhturi, Dukuhwaru, Adiwerna, Pangkah, Tarub dan Balapulang. Kami berangkat-pulang menggunakan kereta jugijagijug~
Kita bagi 3 keberangkatan, dari stasiun Tegal jam 5 pagi, stasiun Pemalang (akyuuuh) jam 5.30 pagi dengan kereta yang sama ehe dan dari stasiun Slawi jam set.7 an gituuu, mereka nyusul. Persyaratan yang kita bawa cuma surat tugas dari Dikbud Kab. Tegal dan biodata yang kita unduh dari website BBPMP.
Jugijagijug, sampai deh kita di Stasiun Poncol sekitar 7.45 pagi kemudian kita naik maxim ke gedung BBPMP di Banyumanik.
Habis itu kita cas cus salat dzuhur, makan siang, terus balik lagi ke aula hall 3 untuk materi yang diisi oleh Ibu Aniek Sugianti, M.Si berjudul Overview Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menjadi acuan baru sebagai kurikulum sekolah di Indonesia karena menyesuaikan dengan lingkungan satuan pendidikan (adaptasi) dan tentu saja bersifat dinamis atau sesuai dengan zamannya. Mengingat keterampilan Abad-21 yang harus diajarkan kepada anak didik yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan berkomunikasi yang baik. Hal-hal tersebut harus berdampingan dengan pemahaman orangtua tentang kemampuan anaknya pula, jadi ini bukan hanya peran pendidik di sekolah.
Materi tersebut selesai sekitar jam 2, selanjutnya kami makan sore di ruang makan yang masih satu gedung lalu berisitirahat sebentar untuk salat ashar. Pembelajaran selanjutnya sampai 3 hari ke depan berada di laboratorium biologi atau kelas B. Di kelas B tidak hanya perwakilan dari Kabupaten Tegal, kami bersama 2 kabupaten lain, yaitu Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Temanggung. Wah, bertemu dengan orang-orang baru yang menyenangkan.
Materi pertama yang kami dapatkan yaitu Literasi dan Numerasi oleh Ibu Micky Ramayanti, S.Pd. Seperti biasa perkenalan terlebih dahulu, kemudian membuka materi tentang literasi dan numerasi, apa yang ada di pikiran para peserta jika mendengar kata literasi dan kata numerasi. Selanjutnya membuat kesepakatan kelas, iya, seperti kebiasaan di kelas para pendidik, kelas Ibu Micky pun tentu saja membuat kesepakatan kelas.
1. Membuat Kesepakatan Kelas
- Berdoa sebelum pembelajaran
- Selesai tepat waktu
- Menghargai
- Angkat tangan
- Membersihkan sampah masing-masing
- HP secukupnya
2. Konsekuensi Pelanggaran : menyanyi di hadapan teman-teman sambil joget
3. Memperkenalkan APE yang ada di kardus untuk pembelajaran di kelas
4. Kalau APE di kardus habis, boleh pakai APE dari luar kelas.
Setelah itu, satu perwakilan dari 3 kabupaten maju untuk menceritakan hal apa yang sudah dilakukan di satuan pendidikannya yang berhubungan dengan literasi dan numerasi.Dari Kabupaten Tegal, untuk pengenalan literasi ada pojok baca, menempel angka di barang anak misal nomor 1 punya A, nomor 2 punya B, dll. Pada sentra peran, menjadi pembeli di kafe, ada daftar menu jeruk, anak pesan berapa masuk numerasi menghitung, anak mengeja dan menulis jeruk masuk ke literasi. Kemudian anak menananm biji kacang hijau untuk menjadi tauge, anak mengecek tinggi tanaman tauge, lalu saat mengecek suhu menggunakan termometer, anak melihat berapa suhunya dan membaca angkanya.
Selanjutnya peserta diminta untuk membentuk karya literasi-numerasi, per kabupaten dibagi menjadi dua kelompok. Aku sekelompok sama Bu Mega, Bu Ismi, Bu Rina, Bu Maesaroh. Kita bikin pembelajaran LITNUM dari benda di sekitar sekolah, yaitu Bunga Adenium. Bisa dilihat poster yang kita buat di bawah ini.
Selesai deh untuk kelas pertama, kita salat maghrib dan makan malam lalu balik lagi ke kelas untuk mulai kelas kedua, masih bersama dengan Ibu Micky yang menggemaskan. Di kelas ini kita mengulas kembali sedikit tentang KOSP Kurikulum Merdeka, dimana muatan struktur Kurikulum Merdeka ada tiga, intrakulikuler yang berada dalam jam pelajaran, ekstrakulikuler pada jam tambahan di luar jam pelajaran, dan ko-kulikuler yang berada di luar jam pelajaran. Jam pelajaran untuk PAUD 5-6 tahun itu minimal 900 menit/minggu, sedangkan 3-4 tahun itu minimal 360 menit/minggu. Oh iya, di sini perlu digaris bawahi bahwa P5 sudah pasti ko-kulikuler tetapi ko-kulikuler belum tentu P5. Setidaknya, P5 dilaksanakan minimal 1 minggu dan berproses.
Setelah itu kami diminta untuk menuliskan di post it tentang praktik baik bagi lembaga, tantangan yang dihadapi, potensi sekitar lembaga yang afektif, potensi di lingkungan lembaga, dan strategi yang dapat memecahkan tantangan/hambatan tersebut. Kemudian kami tempel di papan depan kelas.
Lanjut, setelah itu penjelasan tentang pentingnya kata pemantik/provokasi, untuk membuat suasana kelas yang menyenangkan dengan 5W+1H, bandingkan, selidiki, dan ceritakan. Maka dari itu kita harus merubah mindset/pola pikir.
1. Belajar tidak harus pakai kertas
2. Tidak hanyak duduk
3. Ruangan belajar tidak hanya di kelas.
Pembelajaran juga harus BERDIFERENSIASI, asal kata different, difference, yaitu berbeda. Sesuai dengan perbedaan anak, karakteristik anak, bakat anak, minat anak. Tahu begitu dari mana? Dari asesmen awal yang mana dapat dicermati dari observasi anak saat mendaftar, wawancara wali murid, kuisioner satuan lembaga, yang dilanjutkan asesmen diagnosis saat MPLS tahun ajaran baru.
Seperti biasa, dengan melakukan FGD, kita dijadikan beberapa kelompok, aku satu kelompok dengan Bu Eni dari Temanggung, Bu Zaidatun dari Wonogiri, Bu Yeyen dari Wonogiri, Bu Sulis dari Temanggung, Bu Retno dari Temanggung, Bu Trikesih dari Wonogiri, Bu Ismi, dan Bu Yatmiah. Kelompok kami bernama TETEGI, Temanggung-Tegal-Wonogiri.
Kami bermain peran menjadi warga sekolah, antara lain:
1. Mengenal peran-peran warga sekolah
2. Observasi lingkungan sekitar ( contoh : yang sedang viral seperti stunting)
3. Visi dan Misi
Kami berkumpul untuk berkenalan dan menentukan peran-peran keesokan harinya. It's time to sleep then~
Yeay, keesokan harinya Rabu, 9 Agustus 2023, ada kegiatan senam yang dilakukan setiap hari, hehe, tapi aku dan Bu Mega ga ikut hehe, cus sarapan, balik lagi ke kamar buat ambil laptop dan kembali ke kelas. Sesuai dengan tatanan meja FGD, kita duduk sesuai dengan kelompok masing-masing, tentu saja aku bergabung ke kelompok TETEGI.
Kita di sini akan belajar tentang Modul Ajar, yup, dalam kurikulum merdeka/kosp kita ga pakai RPP, RPPM lagi, tapi itu sudah dimasukkan dalam Modul Ajar. Modul Ajar Intrakulikuler sesuai dengan Peraturan BSKAP No. 33 sebagai perubahan SK BSKAP No. 8 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran PAUD. Di dalam modul ajar tercantum CP-TP-ATP.
3 Elemen dalam Capaian Pembelajaran :
1. Nilai Agama dan Budi Pekerti
2. Jati Diri
3. Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni
Sebelum kita membuat modul ajar, kita bermain peran dulu nih setiap kelompok:
1. Membuat ID Card (sesuai peran dan yang kreatif, di sini aku jadi murid TK B)
2. Identifikasi lingkungan (sekolah/gedung/wisma)
3. Presentasi hasil identifikasi lingkungan dan diskusi yang akan dilanjutkan menjadi modul ajar
4. Cari praktik baik yang pernah dilakukan di lingkungan tersebut
(Murid TK B, Murid TK A, Guru PAUD TETEGI, Kepala Sekolah Tetegi, Bu Micky, Ibu Bidan, Ibu Lurah, Wali Murid TK B,
Guru PAUD TETEGI, Wali Murid TK A/Pengusaha Lokal)
Selanjutnya, kita semua ke luar ruangan untuk observasi lingkungan, setiap kelompok memilih identifikasi masalah yang berbeda-beda. Kelompok TETEGI mengambil isu lingkungan di sekitar wisma yang kita anggap sebagai sekolah yaitu banyaknya pohon besar yang lokasinya mengurangi keselamatan di sekitar lingkungan.
Setelah mendapatkan identifikasi yang cukup, semua kembali ke kelas untuk menuliskan tindak lanjut dari identifikasi yang telah kami lakukan dan juga hasil diskusi warga sekolah.
Untuk pembuatan modul projek ini, kami sekelompok sesuai dengan daerah masing-masing. Yap, tentu hanya dibagi 3 kelompok, Tegal-Temanggung-Wonogiri. Berbeda dengan modul ajar intrakulikuler, model projek memiliki 6 dimensi.
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
2. Bekebhinekaan global
3. Mandiri
4. Bergotong-royong
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
Selanjutnya kami memilih tema dan konsep modul proyek P5 di kertas plano, lalu salah satu anggota kelompok menjelaskan. Kami memilih tema Aku Cinta Indonesia dengan topik Tahu Aci. Jadi di proyek P5 ini kami mengenalkan makanan khas daerah kami, Kabupaten Tegal, yaitu Tahu Aci. Pada proyek ini, kami mengenalkan tahu aci pada anak didik, alur kegiatan sebagai berikut:
- Kenali : Jalan-jalan ke pembuat taju dan jalan-jalan ke tempat pembuatan tahu
- Selidiki : Anak merasakan rasa tahu dan menceritakannya
- Lakukan : Anak praktik langsung membuat tahu aci
- Refleksi : Anak membandingkan rasa tahu aci buatan sendiri dengan tahu yang dibeli dari pedagang
- Tindak Lanjut : Membuat inovasi tahu aci (misal tahu aci warna-warni supaya lebih menarik, dll), Menjual tahu aci secara daring dan luring, Aku bangga terhadap produk khas daerahku Kab. Tegal (anak didik merasa bangga terhadap tahu aci sebagai makanan khas daerah mereka tinggal, seiring bertumbuhnya anak mereka dengan rasa senang akan mengenalkan tahu aci kepada teman-temannya). Selanjutnya kita membuat modul proyek sesuai kelompok menggunakan canva atau powerpoint yang akan diunggah di tugas, dengan isi yang sama tetapi halaman depan berbeda setiap peserta.
Selesai juga semua kegiatan kelas di Penyelarasan IKM Angkatan IV ini, sekarang mari kita tidur untuk malam terakhir di wisma, besok hari terakhir sekaligus pulang, yippie!!
Kukuruyuk~
Hari terakhir tiba, Jum'at, 11 Agustus 2023, seperti biasa, aku dan Bu Mega enggak ikut senam pagi hwehwehwe, malamnya aku juga begadang untuk persiapan visitasi akreditasi hari Sabtu 12 Agustus 2023 KB Khaerunnisa. Pagi itu, habis siap-siap packing, sarapan, masuk kelas. Kelas terakhir yaitu Post-Test. Habis itu kita foto-foto sekelas, yiipieee!
You can download all the matters here, the links are open for anyone :
MATERI PENGIMBASAN NIKEN 9 OKTOBER 2023
MATERI PENYELARASAN IKM 8-11 AGUSTUS 2023
fin.
for further information and question, you can contact me on
Instagram : @nikencsndrzq
Email : nikenxcaesanda@gmail.com
or just comment in this post.
Have a great day!
Komentar
Posting Komentar